Selasa, 28 Februari 2012

Operasi Perianal Fistula

Malam ini aku lagi galau. 

Udah hampir 3 - 4 tahun belakangan aku kena penyakit aneh. Menurut aku aneh, menurut dokter gak. Dokternya mah santai aja, aku udah sutris kemana2.

Sekitar 2 tahun yang lalu, aku kontrol ke dokter, gegara aku ngerasa gak nyaman di bagian selengki. Dokter kandungan bilang aku kena Perianal Fistula. Semacam penyakit yang baru kali ini aku denger bunyinya. 😅😅😅

Pas dokter sebutin, aku sih iya iya aja.. Sok2 bepaham.. Biar keliatan cerdas..
Sampe di rumah, aku langsung browsing, ternyata..... 
Perianal disebabkan infeksi kelenjar anal dalam anus (ada beberapa kelenjar anal) yang tersumbat dan akhirnya menjadi abses. Yak, bagoossss sekaleeee..

Penyebab infeksinya gak diketahui, mungkin karena ada luka, trus jadi infeksi.
Tapi kenapa bisa luka kek ginii??
Aku belom pernah dianal lho padahal.. *langsung pasang muka polos suci tanpa noda*
Kalo kebersihan anus juga aku ngerasa bersih sih.. Abis pupup gak pernah lupa cebok kok.. 😳😳

Setelah sibuk denial sana sini, akhirnya aku menarik 1 kesimpulan..
Oh ya mungkin luka waktu adegan lahiran adeL dulu..
Secara adeL kan lahirnya normal yaaa..
Ya pasti lukanya gegara itu, entah cara ngeden aku mungkin yang gak profesional, atau mungkin karena bekas jaitan. Ah entahlah, intinya ini bikin gak nyaman.

Absesnya ini muncul sebulan sekali, biasanya berasa kalo udah abis haid. Mulai deh nyut2an. Secara kasat mata bengkaknya gak keliatan sih, tapi kalo dipegang baru berasa keras2 gimanaa gitu..

Sebenarnya kalo dibiarin aja juga gak ada masalah, tar 3 atau 4 hari lagi juga sembuh sendiri, bengkaknya ilang ajaa gituu..
Apalagi kalo dibawa kegiatan, olahraga apa ngapain..
Bengkaknya bisa lebih cepat ilang.

Tapi karena perasaan gak nyaman tadi ituu,, makanya aku nekad bawa ke dokter. daaann, seperti yang sudah diduga,, dokter menyarankan untuk dioperasi ajaa..
Dettss waaii yaaa makanya aku males ke dokter, dia mah apa2 maen belek. Maen potong, maen sobek. Zzzzzz...

Entah kenapa,, mungkin karena putus asa, atau karena emang sakitnya udah gak ketahan lagi,, akhirnya aku pasrah diobok2 dokter bedah.
Ngarepnya sih pengen sembuh laaahh..
Walaupun yang pernah aku baca dari pengalaman orang2 yang pernah kena ini juga, gak bakalan bisa sembuh, absesnya bakal muncul lagi, gitu aja terus..

Yakalikkk pengalamannya bakal beda dengan aku yekeenn..
Optimis sembuh, bismillah..

Akhirnya aku operasi di sebuah rumah sakit swasta di Pekanbaru. Sebut saja inisialnya Awal Bros.
Operasi yang penuh drama..
Semua dimulai dari anestesi yang disuntikin di punggung..
Begitu disuntik, aku langsung gelap.. Blank.. Ilang gak tau kemana rohnya.

Tapi gak tau menit ke berapa aku bisa ngerasain ada yang obok2 di bagian bawah. Gak sakit sih, tapi berasa ajaa..
Aku juga denger waktu dokternya bilang, "Eh bu, jangan gerak2.."
Tapi abis itu, aku blank lagi...
Terbang melayang bersama dewa dewi..

Tetiba bangun2 udah ada di ruangan pemulihan, dengan bunyi tuut.. tuttt.. tuutt.. dari mesin entah apa yang ada di sebelah aku.
Aku liat ada 1 orang yang jaga, duduk munggungin. Sambil nulis2 kayaknya..

Aku coba bangun, tapi mendadak mual.
Dokter jaganya tiba2 balik badan, trus bilangin aku jangan bangun dulu kalo masih mual. Itu efek anestesi..

Oh oke, aku coba tiduran lagi...
Sampe akhirnya aku dibawa ke kamar entah gimana prosesnya..
Bangun2, tetiba udah di kamar aja.

Drama berikutnya adalah, aku beneran gak bisa bangun berhari2.
Ada 2 atau 3 hari kalik, beneran yang kalo angkat kepala langsung mual, muntah2. Pipis di pispot, gak bisa ngapa2in. Untung waktu itu gak berasa mau pupup. Kebayang pup di pispot, gak banget ishh..

Sempat takut, kirain aku gak bakalan bisa beraktivitas normal lagi.
Aku bakal cacad seumur idup? Trus bisanya cuma rebahan gini doang? 😭😭😭

Dokter silih berganti berkunjung, spesialis ini itu anu ono, berusaha nyari tau penyebab kenapa aku gak bisa bangun..

Tetiba ada 1 orang suster yang waktu itu mau bersihin aku, bilang, "Jangan dimanjain bu. Paksa aja bangun."

Sumpah, pen aku jejelin waslap mulutnya.
Tau waslap kan? Ituu, anduk kecil buat ngelap2 badan.
Nah itu, pen aku jejelin.
Dikata aku berdrama dengan ketidakmampuan aku angkat kepala?

Akhirnya ada 1 dokter, sayangnya aku lupa namanya, dokter apa juga aku lupa, dia yang tetiba kasih obat, dan tadaaaaa, besokannya aku sembuh bisa angkat kepala lagi. Alhamdulillah..

Trus gimana absesnya?
Gak ngaruh, masih ajaaaa kek gitu. Muncul kalo udah abis haid.
Tukan, jadi nyesel udah operasi.

Kan udah dibilang sih...
Gak ngaruh operasi2an..

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ini kisah saya yang br tempur melawan fistula ani yang menyakitkan...
    Jujur demi allah di tahun 2013 saya kena fistula awal kena fistula saya tiga bulan sakit di lubang anus dan gatal...disertai demam...sayaPergi ke dokter di banda aceh puskesmas meuraxa...dan saya di anjur kan untuk brtemu dokter bedah untuk oprasi di rumah sakit ibu dan anak banda aceh...tapi yang mengejutkan dari impo teman saya yang juga seorang dokter dan memiliki apotik di meuraxa banda aceh ..bila oprasi fistula itu tak cukup 1x oprasi...dalam hati saya wah gawat ni!! Akhirnya saya putus kan tidak oprasi dan saya cari obat herbaluntuk penyakit saya..karna obat medis tidakb ada yang sanggub untuk menyembuhkan fistula...saya sudah coba propolis 5 botol dan jelly g gold 7 botol dan extrak manggis 5 botol yang kata nya bisa sembuhkan fistula...tr nyata saya korban iiklan di internet fistula dan hasil nya nol....!!! Dan alhamdulillah di tahun 2014 sayajumpa dengan seseorang di banda aceh nama nya pak melan...dia menganjur kan pakai prouduk yang kata nya sangat mujarab...akan tetapi prouduk nya 3-6 macam dengan harga yang cukup mahal...wah dalam hati saya banyak banget??? Tapi gak masalah asal bener bisa sembuh 1-3 bulan menurut kata nya...ya akhir nya saya coba juga... Dan ambil yang paket buster karna saya ingin cepat sembuh karna ini sangat menyiksa saya...3 bulan saya demam dan tak bisa bekerja dan pada akhir nya alham dulillah baru 6 minggu saya minum hasil nya gila!!! Lobang fistula kering dan tak ada sakit lagi...tapi makanan juga harus di jaga juga...bila ada sahabat yang belum sembuh dan ingin sembuh secepat nya kita bisa sharing...ini no saya...hp 085361675232 & bbm 7cb2b113... Trimakasih semoga ada pencerahan buat kita semua. Senang bisa saling membantu sesama penderita fistula...AMIN

    BalasHapus

  3. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia
    BBM INVITE:{D8980E0B}

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Anak saya sembuh dari fistula setahun yang lalu setelah rutin minum obat resep dr yusuf... ALHAMDULILLAH sembuh total dan tanpa oprasi.
    Ini memang bener apa ada nya dan demi allah anak saya Kelas 3 smp sudah sembuh dari fistula.
    Saran saya kalau mau sembuh tanpa oprasi yang mengerikan Coba brobat ke dr yusuf. Saya buat kesaksian Ini atas hati Narang saya bukan karna paisa an... Dan kemaren saya juga habis minta tolong Saran untuk kalau saya yang juga kena penyakit fistula juga dan di suruh oprasi Sama dokter dan biaya nya 20jt.
    Tapi kalau saya tidak mau, dan saya Saran kan juga untuk brobat ke dr yusuf, karna anak saya sembuh dari fistula dng dr yusuf.
    Kalau mau brobat juga dng dr yusuf Ini no nya 0853-6167-5232.

    BalasHapus
  6. Tadi siang aku ketemu dengan teman masa SMA dulu...
    Dan kami pun mengobrol panjang... Yang pada saat saya tanya Suami nya kok gak jemput, ini kok malah naik GRAB.
    dia bilang kalau suami nya sudah tiada 2 bulan lalu , katanya habis oprasi fistula ani di rumah sakit dan pasca oprasi otot anus nya jadi br masalah dan tr jadi infeksi di lobang yang habis di oprasi itu.
    Katanya suami nya meninggal saat di rumah sakit saat mau menjalani oprasi klosotomi Karna ada masalah pada otot anus nya membuat tinja nya keluar terus...
    Suami nya meninggal saat di meja oprasi....
    Saya jadi menyesal Karna saya tanya prihal suami teman saya tu... Gak tega melihat air mata nya mengalir...
    Teman saya bilang nyesal menyuruh Shani nya oprasi fistula ani... Gara gara itu suami nya meninggal air mata saya pun tak trbendung lagi karna melihat teman saya menangis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Innalillahi wainna ilaihi rojiun.. Aku baru baca komen ini. Turut berduka cita untuk suami temennya ya mbak.. Ini udah rencana Allah sih yaaa...

      Hapus