Senin, 18 Oktober 2021

My Anti-Ribet2-Wedding Story ~ Ngurusin N1 N2 N3 Untuk Catin Luar Kota

Ngurusin nikah ternyata gak sesulit itu lho...
Dan gak segampang itu juga...
Yang penting mah dijalanin aja step by step nya..

Jadi,,, obrolan aku dengan pasangan tentang pernikahan tuh bisa dibilang dadakan.
Dari omongan receh, tetiba aja jadi serius, di usia hubungan yang jujurrr aja masih seumuran orok. Baru juga kenalan, belom 1 bulan jadian, belom pernah ketemuan, LDR pula, dan catet.. Belom pernah videocall an. Sejauh ini cuma ngobrol via chat dan voicecall biasa.

Gak takut? Gak ngerasa keburu2?
Ini bukan cuma karena euphoria sesaat karena hubungan lagi mesra2nya?
Emang udah kenal banget?

Pikiran2 negatif yaaa pasti ada lah.. Takut juga.. Secara ini udah yang kesekian kali, takut gagal lagi.
Tapi percayalah, kalo kalian ketemu dengan orang yang sefrekuensi, baru kenal langsung klik, obrolan nyambung, secara jiwa raga roh nyawa menyatu (hilih), kalian langsung berasa kayak dapet wangsit, kek ada yang bisikin, "okehh, ini orangnya, gaskeun!"
Gitu..

Eniweiii, balik ke topik.
Kalo tekad udah bulet, udah sama2 siap , gak ada yang ngerasa kepaksa, dan obrolan udah mateng, nah buruan datengin KUA terdekat tempat acara nikahnya ntar. Minta selebaran syarat2 nikah. Ntar dikasih tuh sesobekan kertas kek gini. 👇👇👇

Nah, tinggal penuhi deh syarat2nya.

Sampe di situ gak ada masalah doongg. Gampang lah. Tinggal minta kertas doang.

Dan jangan lupa, khusus wilayah Pekanbaru, kalo ke KUA, wajib pake jilbab, minimal selendangan lah biar gak dijutekin sama mbak2nya. 😕😕😕


Tapi trus, muncul masalah baruuu..
1. Aku dan calon tinggalnya beda pulau.
2. KTP aku gak sesuai dengan domisili yang sekarang. (Beda kota)

Gimana cara ngurus N1 N2 N3 dll nyaaa?

Mulai puyeng tuuhh..
Mulai kepikiran, "Dahlah kawin siri aja biar gak ribet" Ahahhaa..

Tapi gak boleh nyerah issshhh.
Kalo kalian juga punya masalah yang sama dengan aku, sinihh aku kasih tau jalan keluarnya..

Pertama2.. Kita minta surat pengantar dari RT/RW sesuai alamat KTP.
Trus surat pengantar dari RT/RW dibawa ke kelurahan.
Surat dari kelurahan dibawa ke KUA yang ada di kecamatan sesuai KTP.
Bingung?

Misal gini...
Alamat KTP aku di Medan, sementara domisili sekarang di Pekanbaru.
Jadi, aku harus ngurus surat pengantar dari RT/RW di Medan, dibawa ke kelurahan sana, baru dibawa ke KUA di Medan.
Ntar KUA Medan ngeluarin berkas2 kelengkapan N1, N2 dll, berkas2 itu yang nanti aku bawa ke KUA Pekanbaru.

Gitu juga untuk calon suami aku yang di Bogor.
Dengan cara yang sama, ke RT/RW Bogor, kelurahan, trus dilanjutkan ke KUA Bogor.
KUA Bogor tar ngasih dokumen yang bisa aku bawa ke KUA Pekanbaru barengan dengan berkas2 aku yang dari KUA Medan tadi.

Tapi eee tapiii, males bet kan yaa ngurusin beginian, sementara kalo gak diurusin, gak jadi kaweeenn... Sawah makin tandus mengering... 😭😭😭
Mau gak mau, emang HARUS DIJALANIN PROSESNYA.

Dan berhubung aku termasuk golongan emak2-anti-ribet-club yekeenn, jadilah aku cari cara yang paling gampil,, yaitu dengan cara *tonononet tenewww* (sound Doraemon) "Jurus Mencari Calo". 
Mbahahahhakkk.. 😂😂

Bukan calo sih, tapi bahasa halusnya "orang yang dikenal" di Medan yang bisa ngurusin itu semua, jadi aku gak mesti balik ke Medan buat urus2 dokumen.
Tinggal kirim aja berkas pendukung ini ke "orang yang dikenal" tadi..

1. KTP kita yang asli
2. KK kita yang asli
3. Fotokopi KTP pasangan, 
4. Fotokopi KK pasangan, 
4. Pas foto kita + pasangan ukuran 3x4 

Trus bayar deh sesuai deal2an..

Jadi untuk kalian2 yang udah pindah ke luar kota dan kebetulan gak bisa balik ke kota sesuai alamat KTP, atau males bolak balik, boleh diwakilkan kok pengurusan surat2nya.
Kalo bisa sih cari orang yang emang udah sering ngurusin beginian yaakk, biar cepet beresnya.

Fyi, untuk bayar2an resmi pengurusan surat sih sebenarnya gak ada, tapi bukan Indonesia namanya kan yaaahh kalo gak ada selipan2 tipis ke oknum yang ada di instansi pemerintahan kita yang super keren ini. Istilahnya uang rokok, walaupun yang bikin surat gak ngerokok.
Tapi gak papa lah, biar lancar, cepat kelar, toh yang diselipin juga gak banyak. Ikhlasin ajaaa. Demi halal. 😅😅😅

Nah, aku ngabisin duit 400rb untuk urusan ini.
Kelurahan diselipin 100rb.
KUA 100rb.
Materai 2 biji 20.000
Ongkir berkas2 yang udah selesai dari Medan ke Pku : 57.500
Total : 277.500
Aku genapin 400rb, sisanya tip buat yang udah rela cape2 ngurusin.

Gak sampe seminggu, urusan surat2an ini kelar.
Terbukti yaaa,, kek kata opung aku,, hepeng do sude na mangatur negara on.
Al Fatihah buat opung.. 

Dan,, ternyata kek gini bentuk suratnya...


N1 Catin Perempuan

N1 Catin Laki2






N2 Catin Laki2

N2 Catin Perempuan

Nah, kelengkapan berkas lain kayak surat pernyataan perjaka (untuk yang belum pernah menikah) atau surat cerai (untuk janda/duda) juga dilampirkan di 1 bundel berkas dari KUA tadi kok.

Semua berkas itu dibawa ke KUA tempat kita rencana mau akad yaaaa...

Balik lagi baca sobekan kertas kecil tadi yang berisi syarat2 nikah.

Kalo udah lengkap semua, cussss.. Segera diurus ke KUA setempat..

Next...

Bimbingan Pra Nikah di postingan INI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar